Sunday, December 05, 2010

Air Kencing Unta - Halal @ Haram ???



Berita yang mengandung banyak kontroversi dari banyak kalangan. Berita ini adalah tentang Air Kencing Unta yang harganya jauh lebih mahal dari pada Susu Unta, bahkan warga Arab sekarang kebanyakan berburu Air Kecing Unta yang kisaran harganya mencapai Rp. 250.000 rupiah per 250ml. Sangat mahal Bukan.?

Tetapi yang jadi masalah bukan dari mahal tidaknya dari Air Susu Unta, tetapi Halal atau tidaknya Air Kencing Unta ini. Air Kencing yang dianggap memberi banyak manfaat sebagai ubat ini memang banyak mengundang kontroversi dari banyak kalangan, apakah ini Halal atau Haram.

Tetapi Menurut Hadits di bawah ini, Air Kencing Unta itu hukumnya Halal.

“Beberapa orang dari kabilah ‘Ukel dan Urainah singgah di kota Madinah, tidak berapa lama perut mereka menjadi kembung dan bengkak karena tak tahan dengan cuaca Madinah. Menyaksikan tamunya mengalami hal itu, Rasululloh SAW memerintahkan mereka untuk mendatangi unta-unta milik Nabi yang digembalakan di luar kota Madinah, lalu minum dari air kencing dan susu unta-unta tersebut.” (Muttafaqun ‘alaih)

Untuk air kencing di sini, di khususkan hanya untuk air kencing unta saja, tidak untuk air kencing binatang yang lainnya seperti kambing atau sapi. Dengan pegangan Hadits di atas sudah boleh dikatakan bahwa Air Kencing unta itu Halal, dan sebagai pegangan juga, jika ubat lain sudah tidak ada. Karena banyak juga orang yang merasa jijik dengan Air Kencing Unta.

Wallahu’alam. Jika ada yang kurang setuju atau bertentangan pendapat - silakan komen!

dipetik & diedit dari : http://www.stillmuslim05.com/2010/10/air-kencing-unta-haram-atau-halal.html

No comments:

Post a Comment