Sunday, February 28, 2016

SAMPAIKANLAH KEBAIKAN MESKIPUN KITA BELUM SEPENUHNYA BAIK


SAMPAIKANLAH KEBAIKAN MESKIPUN KITA BELUM SEPENUHNYA BAIK

Menyampaikan kebaikan,saling nasehat-menasehati cerminan seorang mukmin, Apa itu hanya tugas pendakwah saja ?

tentu tidak! semua umat muslim berkewajiban menyampaikan kebaikan,meskipun diri kita baru belajar menjadi baik, simaklah nasehat Al-Imam Hasan Al-Bashri rahimahullah dengan penuh tawadhu' beliau berkata :

“Wahai manusia, sesungguhnya aku tengah menasehati kalian, dan bukan berarti aku orang yang terbaik di antara kalian, bukan pula orang yang paling shaleh di antara kalian. Sungguh, aku pun telah banyak melampaui batas terhadap diriku.

Aku tidak sanggup mengekangnya dengan sempurna, tidak pula membawanya sesuai dengan kewajiban dalam menaati Rabb-nya. Andaikata seorang muslim tidak memberi nasehat kepada saudaranya kecuali setelah dirinya menjadi orang yang sempurna, niscaya tidak akan ada para pemberi nasehat. Akan menjadi sedikit jumlah orang yang mau memberi peringatan dan tidak akan ada orang-orang yang berdakwah di jalan Allah ‘Azza wa Jalla, tidak ada yang mengajak untuk taat kepada-Nya, tidak pula melarang dari memaksiati-Nya.

Namun dengan berkumpulnya ulama dan kaum mukminin, sebagian memperingatkan kepada sebagian yang lain, niscaya hati-hati orang-orang yang bertakwa akan hidup dan mendapat peringatan dari kelalaian serta aman dari lupa dan kekhilafan. Maka terus meneruslah berada pada majelis-majelis dzikir (majelis ilmu), semoga Allah ‘Azza wa Jalla mengampuni kalian. Bisa jadi ada satu kata yang terdengar dan kata itu merendahkan diri kita namun sangat bermanfaat bagi kita. Bertaqwalah kalian semua kepada Allah ‘Azza wa Jalla dengan sebenar-benarnya taqwa dan janganlah kalian mati kecuali dalam keadaan muslim.”

(Mawai’zh lilImam Al-Hasan Al-Bashri, hal.185-187)

Semoga Allah senantiasa melindungi kita dan menjadikan kita orang-orang yang beristiqamah dalam syiar kebaikan..Aamiin

Apabila seorang pemuda bertanya kepada Imam Hasan Al-Basri :

"Aku telah banyak melakukan maksiat,mengapa aku tidak dihukum oleh Allah?" Lantas imam Hassan Al Basri bertanya kembali kepada pemuda itu...

"Apakah setiap malam kamu bangun tahajud?"

"Tidak." ujar pemuda itu..

"Itulah hukuman kamu yang seberat-beratnya.Tiada hukuman yg lebih perit jika Allah telah berpaling darimu.Dia tidak lagi mahu "berbicara" dan "mendengar bicara " darimu, dibiarkan lena itu panjang padamu..

"Cukuplah Allah swt menarik nikmat dn kelazatan tahajud dlm dirimu itu sbg hukuman kepadamu"..

Dua rakaat teman teman.. sekarang atau seketika lagi..

No comments:

Post a Comment