Wednesday, May 04, 2016

3 METHOD CARA BERUBAH

perubahan adalah salah satu aspek kehidupan yang mustahil kita hindari, tetapi bukan berarti bahwa perubahan adalah sesuatu yang buruk. Seorang bijak pernah mengatakan “Agar bisa mengubah keadaan, Anda harus mengubah diri sendiri terlebih dahulu”. Jika ingin berhasil, gunakan kekuatan yang Anda miliki untuk berubah, walaupun usaha ini membutuhkan waktu dan dedikasi

Metode 1 dari 3: Mengubah Diri Sendiri Menjadi Lebih Baik



1
Ketahuilah bahwa setiap perubahan akan bermakna jika bersumber dari dalam diri sendiri. 

Jika Anda tidak percaya kepada diri sendiri untuk berubah, tidak seorang pun yang bisa mengubah Anda. Perubahan yang sesungguhnya harus digerakkan oleh keinginan Anda sendiri untuk menjadi lebih baik, merasa lebih baik, danmemiliki cara pandang positif tentang kehidupan. Perubahan terkadang terasa menakutkan, tetapi cara mudah untuk berubah adalah dengan mencintai danmemercayai diri sendiri.
  • Coba ingat lagi perubahan besar yang pernah Anda alami. Apakah pengalaman ini benar-benar menakutkan? Seberapa baiknya Anda menghadapi perubahan ini? Apa yang bisa Anda pelajari dari pengalaman ini?
                                  

2
 Biasakan menggunakan afirmasi positif. 

Cara pandang positif terhadap kehidupan dan masa depan adalah hal terpenting dalam menentukan perubahan. Pertama-tama, Anda harus mengubah cara memandang diri sendiri agar bisa melakukan perubahan. Misalnya, Anda hanya akan mengalami hambatan jika ingin memperbaiki kehidupan asmara, tetapi selalu merasa yakin bahwa “Aku tidak layak dicintai”. Hilangkan pikiran negatif ini dengan berlatih mengulangi kalimat positif setiap hari, misalnya: “Aku mencintai diriku sendiri”, “Aku bisa melakukannya”, “Aku bisa berubah”.
  • Jangan menghukum diri sendiri atau merasa kecewa karena memiliki pikiran negatif. Alih-alih, gantilah dengan pikiran positif yang berlawanan. Jika Anda berpikir “Tidak ada wanita yang menyukai aku”, lawanlah dengan “Aku belum bertemu dengan wanita yang cocok denganku”
                                   

3
Jagalah kondisi tubuh dan pikiran agar lebih mudah berubah. 

Walaupun tujuan Anda tidak ada hubungannya dengan tubuh, mengubah diri sendiri menjadi lebih baik akan lebih mudah jika kondisi Anda sehat dan bahagia. Biasakan makan dengan pola diet yang seimbang, tidur 6-7 jam setiap malam, dan lakukan kegiatan yang Anda sukai untuk menghilangkan stres.


4
Tentukan perilaku atau pikiran yang ingin Anda ubah. Jangan menilai atau merasa kecewa karena kesalahan Anda. Inilah saatnya memandang perilaku Anda secara netral untuk memastikan apa yang sebenarnya ingin Anda ubah dari diri sendiri. Selalu ada alasan mengapa seseorang ingin berubah, dan inilah yang harus Anda gali sebab perubahan akan lebih mudah dilakukan jika ada motivasi yang jelas. Coba ajukan beberapa pertanyaan berikut kepada diri sendiri:
  • Apakah kondisi saat ini membuat aku bahagia?
  • Apa faktanya, bukan perasaanku, tentang situasi ini?
  • Mengapa aku ingin berubah?
  • Apa tujuannya?
                               

5
Buatlah rencana tindakan. 

Susunlah rencana yang spesifik dan berorientasi pada tujuan. Menentukan beberapa tujuan kecil yang lebih mudah terlaksana adalah cara “mengakali” otak agar berpikir bahwa tugas ini lebih mudah dilakukan. Dengan demikian, Anda akan lebih berkomitmen pada tujuan yang lebih besar. Sebagai contoh, kita umpamakan Anda ingin memperbaiki kehidupan asmara dan menjadi pribadi yang lebih berani. Tujuan besar “mengubah kehidupan asmara” akan terasa lebih mudah tercapai dengan menentukan tujuan yang lebih kecil.
  • Langkah 1: Pikirkan apa yang Anda inginkan dari pasangan. Buatlah daftar apa saja yang membuat Anda tertarik dan tidak tertarik pada seseorang.
  • Langkah 2: Pikirkan apa penyebab gagalnya hubungan Anda di masa lalu. Pergilah ke pusat kebugaran, berbenah rumah, atau berfokuslah pada usaha memperbaiki peluang dalam menjalin hubungan asmara yang baru.
  • Langkah 3: Buatlah komitmen untuk pergi ke pusat kebugaran dan kegiatan sosial setidaknya sekali seminggu atau cobalah mencari teman kencan melalui biro jodoh di internet.
  • Langkah 4: Ajaklah seseorang untuk berkencan. Apa pun jawabannya, terimalah dan teruslah berusaha
                                   
6
Mulailah melakukan perubahan kecil sebelum mengubah hal-hal besar. 

Jika ingin menghilangkan kebiasaan mengonsumsi makan junk food, akan sangat sulit jika Anda memutuskan berhenti makan piza, minum soda, makan keik, permen, dan makanan cepat saji sekaligus. Kurangilah secara bertahap agar Anda bisa merasakan keberhasilan sejak awal dan perlahan-lahan semakin terbiasa dengan perubahan besar. Contohnya, cobalah mulai menghilangkan kebiasaan minum soda. Setelah satu atau dua minggu, hilangkan piza, lalu permen, dst.
  • Buatlah jadwal agar Anda lebih mudah mengeceknya. Jika Anda menulis ingin berhenti makan piza mulai tanggal 20 April, kemungkinan besar Anda benar-benar bisa berhenti ketimbang hanya mengatakan “Aku ingin berhenti makan piza”.
                                  
7
Tentukan target kecil setiap hari. 

Kegiatan apa yang setidaknya harus Anda lakukan setiap hari agar perubahan bisa terjadi? Hal ini berbeda dengan tujuan atau rencana jangka panjang sebab target inilah yang akan membentuk pola pikir Anda setiap hari agar terarah pada perubahan yang Anda inginkan. Jika ingin mengubah kehidupan asmara, tentukan target untuk melakukan percakapan dengan orang yang belum Anda kenal setiap hari, entah di bus atau di tempat kerja. Cara ini membuat Anda terbiasa mengejar tujuan yang lebih besar tanpa merasa stres atau takut.
  • Target ini boleh rendah, selama ada ukuran tertentu yang harus Anda capai. Boleh saja menargetkan 10 kali push up setiap hari, tetapi Anda bebas melakukannya sampai 100 kali.
                                   

8
Simpanlah rencana Anda untuk diri sendiri. 

Hal ini bertentangan dengan pendapat umum yang mengatakan bahwa tujuan akan semakin mudah tercapai jika diberitahukan kepada orang lain. Namun, beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa orang-orang malah menjadi kurang termotivasi setelah mengumumkan rencana mereka sebab hal ini akan mengurangi kepuasan untuk mencapainya.Aturan ini tidak berlaku dalam kerja kelompok sebab bekerja sama mencapai tujuan biasanya akan membuat setiap orang menjadi lebih bersemangat.
  • Menulis tujuan dan motivasi lalu menyimpannya untuk diri sendiri adalah cara tepat “mengumumkan” rencana agar bisa berubah tanpa perlu memberitahukan apa pun.
                                    

9
Sederhanakan kehidupan Anda. 

Adakalanya, perubahan berarti meninggalkan hal-hal yang tidak relevan lagi untuk dilakukan. Dengan demikian, Anda bisa berfokus pada apa yang benar-benar penting dengan menyalurkan energi pada hal-hal yang membuat Anda lebih sehat dan bahagia. Perhatikan baik-baik kehidupan Anda dan pikirkan apa yang tidak penting lagi. Kegiatan apa saja yang selama ini membuat Anda tidak bahagia? Adakah proyek atau janji yang masih tertunda? Adakah cara menghilangkan stres dari kehidupan Anda?
  • Mulailah dengan membereskan hal-hal kecil, misalnya menyortir surel di kotak masuk, membatalkan langganan koran yang tidak pernah Anda baca, menyesuaikan jadwal, dll.
  • Susunlah rencana yang bisa memberikan Anda lebih banyak waktu untuk berfokus kepada diri sendiri agar ada waktu luang untuk berubah menjadi lebih baik
                                    

10
Bersabarlah dan ketahuilah bahwa berubah bukanlah hal yang mudah dan perlu waktu. 

Jika tidak, semua orang akan mudah berubah. Buatlah komitmen untuk berubah dalam beberapa bulan agar bisa terwujud. Bersiaplah menghadapi keraguan, kembali ke cara lama, dan berubah pikiran sebab hal ini biasa terjadi. Tetapi, Anda mustahil berubah jika sudah langsung menyerah saat menghadapi masalah.
  • Biasakan diri dengan perubahan selama 4-5 bulan sampai terbentuk jaringan saraf otak yang bertahan seumur hidup.
  • Ingatlah tujuan Anda saat menghadapi kesulitan. Berapa lama Anda akan mencapainya tidaklah penting, tujuan Andalah yang terpenting.
Metode 2 dari 3 : membentuk Kebiasaan Yang Lebih Baik


1
Bentuklah kelompok dengan teman-teman yang mendukung kebiasaan baru.

Akan lebih mudah membentuk kebiasaan baru jika ada seseorang yang mau bekerja sama. Anda berdua bisa saling mengawasi, mengingatkan tujuan, dan mendukung satu sama lain saat menghadapi kesulitan. Jika sulit mendapatkan teman seperti ini, carilah kelompok pendukung atau komunitas di internet. Ada banyak forum dan pertemuan bagi siapa saja dengan kebiasaan apa saja, dimulai dari keinginan untuk bebas dari kecanduan obat sampai membuat karya seni sekali seminggu.
  • Ajaklah teman berhenti merokok.
  • Carilah pasangan berlatih agar Anda tetap termotivasi di pusat kebugaran.
  • Buatlah komitmen untuk mengirimkan bab baru, puisi, atau ide kepada kawan pena sekali seminggu.

2
Lakukan kebiasaan baru setiap hari. 

Tetapi, ada pengecualian dalam hal ini sebab Anda tidak perlu berlatih angkat beban tanpa beristirahat pada hari tertentu. Bagaimanapun, kebiasaan baru akan menjadi bagian dari kehidupan Anda sehari-hari jika semakin sering Anda lakukan.
  • Carilah cara mudah untuk berlatih setiap hari. Jika tidak bisa berlatih angkat beban setiap hari, Anda bisa pergi ke pusat kebugaran dan joging selama 20-30 menit.
  • Hal ini berlaku juga untuk kebiasaan buruk, tetapi arahnya berlawanan. Kebiasaan buruk yang Anda lakukan setiap hari (merokok, makan junk food, berbohong) akan semakin sulit dihilangkan. Berusahalah menghindari godaan ini satu per satu.
                                         

3
Lakukan kegiatan atau kebiasaan baru pada waktu yang sama setiap hari.

Ketahuilah betapa hebatnya tubuh Anda. Dengan melakukan aktivitas yang sama di waktu dan/atau tempat yang sama setiap hari, otak dan tubuh Anda mulai mengenali aktivitas ini dan siap melakukannya sebagai kebiasaan. Proses pengondisian ini sangat bermanfaat bagi setiap orang yang ingin membentuk kebiasaan baru dan bisa digunakan di mana saja. Rutinitas adalah teman baik dalam membentuk kebiasaan.
  • Jadwalkan pergi ke pusat kebugaran pada waktu yang sama setiap minggu.
  • Siapkan ruangan atau meja khusus untuk belajar/bekerja setiap malam.
                                        

4
Gabungkan kebiasaan baru dengan rutinitas lama. 

Alih-alih mengatakan “Aku akan membenahi rumah”, coba katakan “setiap pulang kerja, aku akan membenahi satu ruangan di dalam rumah”. Cara ini bisa menjadi pemicu sebab Anda akan ingat harus berbenah setiap kali sampai di rumah.
  • Cara ini bisa juga Anda gunakan untuk menghilangkan kebiasaan buruk. Jika Anda selalu merokok di luar ruangan saat bekerja, jangan pergi ke sana agar tidak tergoda untuk menyalakan rokok.

5
Hilangkan rintangan. 

Akan lebih sulit berhenti merokok jika selalu ada sekotak rokok di kantong celana. Sama halnya dengan menerapkan pola makan sehat, akan semakin mudah jika ada pilihan menu sehat untuk makan siang. Coba temukan proses berpikir yang bisa menggagalkan kebiasaan buruk dengan memikirkan cara menghilangkan rintangan ini, misalnya dengan:
  • Membuang rokok.
  • Membawa makanan sehat ke kantor untuk makan siang.
  • Berolahraga setelah selesai bekerja, alih-alih sebelumnya, agar tidak berkeringat di kantor.
  • Bawalah selalu pensil dan kertas agar Anda siap menulis ide, cerita, atau karya seni lainnya.
                                       

6
Ketahuilah bahwa tidak ada waktu yang pasti untuk membentuk kebiasaan baru. 

Beberapa orang mengatakan bahwa kebiasaan akan terbentuk dalam 21 hari, tetapi ini tidaklah benar. Setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda. Para peneliti sudah membuktikan bahwa kebiasaan benar-benar bisa terbentuk secara otomatis setelah 66 hari, bukan 21 hari.Ini artinya, bukan salah Anda jika merasa sulit membentuk kebiasaan. Tetapi, Anda juga harus memiliki motivasi lebih dari 2-3 minggu.
  • Jangan khawatir jika terlewat satu hari, Anda masih punya 65 hari lagi. Satu hari hanya membawa perubahan kecil.
  • Berfokuslah pada tujuan akhir, bukan pada jumlah hari yang harus Anda jalani untuk mencapainya.
Metode 3 dari 3: Mengubah Tujuan Hidup


1
Buatlah gambaran konkret tentang kehidupan yang Anda inginkan.Melakukan perubahan besar, misalnya mengakhiri hubungan atau pindah kerja, biasanya hanya akan berakibat buruk sebab Anda belum tahu apa yang terjadi setelahnya. Ketidakpastian bisa melumpuhkan jika Anda tidak berusaha mencari tahu apa yang Anda inginkan. Tidak seorang pun harus tahu segala-galanya, termasuk Anda, tetapi harus ada visi tentang bagaimana Anda ingin berubah.
  • Apa yang ingin Anda hilangkan dari kehidupan sehari-hari?
  • Apa yang ingin Anda tingkatkan?
  • Seperti apa Anda melihat diri sendiri 1 tahun setelah berubah?
  • Apa yang paling ingin Anda lakukan untuk menghabiskan waktu?
                                

2
Buatlah rencana spesifik untuk mengubah pola hidup.

Setelah menentukan apa yang Anda inginkan, cobalah mencari tahu cara mencapainya. Biasanya, ini adalah aspek tersulit dalam berubah, tetapi akan menjadi lebih mudah jika Anda berpikir mundur. Kita umpamakan, Anda ingin menjadi penulis terkenal. Agar bisa menjadi kenyataan, pikirkan langkah-langkah agar Anda bisa menjadi penulis terkenal sampai menemukan cara yang mampu Anda lakukan:
  • Tujuan: menjadi penulis terkenal.
  • Buku diterbitkan.
  • Mendapatkan penerbit.
  • Menulis dan mengedit buku.
  • Menulis setiap hari.
  • Tulislah berbagai ide untuk menulis buku. Jika belum ada ide, mulailah dari sini. Jika sudah, Anda bisa langsung menulis setiap hari!

3
Siapkan tabungan. 

Perubahan besar lebih mudah dilakukan jika Anda punya jaring pengaman jika terjatuh. Anda akan lebih berani melangkah jika sudah tahu bahwa kegagalan tidak berarti akhir dari segala-galanya. Jadi, siapkan tabungan. Cara ini juga membuat Anda lebih bisa berfokus pada usaha mengubah hidup ketimbang membayar tagihan.
  • Bukalah rekening tabungan dan mulailah menyetorkan persentase tertentu (5-10%) dari gaji.
  • Banyak penasihat keuangan menyarankan agar Anda menyiapkan tabungan untuk membayar biaya hidup selama 6 bulan sebelum melakukan perubahan besar, pindah kerja, misalnya.
                                    

4
Lanjutkan pendidikan. 

Jangan melakukan perubahan besar terkait gaya hidup tanpa mengetahui tujuannya. Jika ingin memulai karier baru, akan sangat bermanfaat jika Anda bersekolah lagi sebab pengetahuan yang spesifik bisa mempersiapkan kehidupan di bidang yang Anda inginkan. Bahkan, orang-orang yang ingin melakukan perubahan drastis, misalnya melakukan perjalanan selama satu tahun atau menjadi artis, biasanya harus belajar dahulu agar bisa mendapatkan yang terbaik dari perubahan gaya hidup mereka.
  • Bacalah autobiografi dari orang-orang yang pernah mengalami hal yang sama. Walaupun tidak perlu mengikuti cara mereka, ada nasihat berharga tentang apa yang bisa Anda peroleh karena mau berubah.
  • Berusahalah mencari informasi tentang perubahan yang Anda inginkan. Peralatan apa yang Anda butuhkan? Apakah Anda harus pindah lokasi? Apa saja sisi negatif dari pola hidup yang baru dan apakah hal ini mengurangi keinginan Anda untuk berubah?
                                       

5
Tinggalkan kehidupan lama secepatnya dan penuh rasa hormat. 

Setelah Anda membuat keputusan untuk berubah dan merasa yakin inilah saatnya memulai, putuskan ikatan lama. Bukan berarti bahwa Anda akan berpisah dengan teman-teman lama untuk seterusnya. Alih-alih, ini berarti Anda perlu waktu untuk menjauh dari rutinitas, kebiasaan, dan pola hidup selama ini agar benar-benar bisa berubah. Jangan pernah memutuskan hubungan dengan bersikap kasar atau marah. Biarkan orang-orang tahu bahwa Anda siap berubah dan tetap membutuhkan dukungan selama menjalani proses ini.


6
Berusahalah menjalani perubahan hidup sebagai kenyataan sehari-hari. 

Anda harus berkomitmen sepenuhnya pada kehidupan baru jika benar-benar ingin berubah. Terkadang, hal ini mudah dilakukan, misalnya dengan naik pesawat dan pergi ke luar negeri jika ingin melakukan perjalanan selama satu tahun. Tetapi, ada perubahan yang membutuhkan kedisplinan setiap hari. Contohnya, Anda harus menulis setiap hari jika ingin menjadi penulis terkenal.
  • Ingatlah bahwa perubahan adalah pilihan. Buatlah pilihan untuk melakukan perubahan yang Anda inginkan.
TIPS

  • Bersabarlah. Tidak semuanya berjalan secepat cahaya dan perubahan akan terjadi perlahan-lahan.


  • Gunakan imajinasi sebab perubahan bisa terjadi secara misterius.


  • Keluarlah dari zona kenyamanan. Lakukan sesuatu karena Anda sendiri merasa benar, bukan karena orang lain mengatakan demikian.


  • Jangan pernah berubah demi orang lain. Berubahlah atas keinginan sendiri dan karena ingin menjadi orang yang lebih baik. 


  • PERINGATAN : Ingatlah bahwa perubahan butuh waktu. Ketidaksabaran dan melakukan perubahan besar secara tiba-tiba atau tanpa pemikiran yang matang bisa membawa bencana



  • source : http://id.wikihow.com/Berubah
  • No comments:

    Post a Comment