Monday, July 03, 2017

Ingin Melakukan Perubahan Dalam Hidup? Coba 10 Tips yang Sudah Terbukti Pada Banyak Orang Ini


Kapan waktu yang tepat untuk berubah? Jawabannya adalah tidak ada. Artinya ini bukan masalah waktu melainkan kesiapan kita untuk menghadapi perubahaan atau transisi besar dalam hidup.

Salah satu hal tersulit untuk melakukan perubahan adalah melakukan hal yang tidak biasa kita lakukan atau mengubah kebiasaan kita.

Seperti tempat tinggal, menikah, mempunyai anak, berbicara yang berbeda antara sahabat dan rekan kerja di kantor, dan masih banyak lagi.

Jika masih bingung bagaimana cara berubah yang baik dan efisien, berikut 10 tips perubahan berbasis penelitian seperti dilansir dari psychologytoday.com.

1. Percaya Bahwa Perubahan Akan Merubah Hidup Kita
Karena melakukan perubahan adalah hal besar, jadi daripada mencoba untuk mendorong diri, sebaiknya percaya bahwa perubahan akan merubah hidup kita.

2. Jangan Stres Karena Perubahan Bukan Ancaman, Melainkan Tantangan
Menurut para peneliti, kita dapat mengubah ketakutan akan perubahan itu menjadi kesempatan untuk menaklukannya.

3. Menghargai Manfaat Dari Perubahan
Selain percaya, maka kita harus menghargai manfaat dari perubahan. Karena perubahan yang rutin dilakukan akan merangsang tumbuh jalur saraf baru.

4. Ingat Keberhasilan yang Pernah Dilakukan
Sebelum menghadapi tantangan baru, gunakan pengalaman dan keberhasilan sebelumnya untuk memberikan kita kekuatan.

5. Mencari Dukungan Baru
Menurut peneliti, salah satu cara paling signifikan untuk berhasil mengelola perubahan adalah mendapatkan dukungan baru. Dukungan ini bisa secara emosional atau juga fisik.

6. Bersiap, Bersiap, dan Bersiap
Cara terbaik menjami bahwa semua yang akan kita lakukan benar adalah persiapan. Tidak hanya sekali. Persiapan harus dilakukan berkali-kali agar matang.

7. Merenungkan Dimana Posisi Kita Dalam Kehidupan yang Akan Datang
Jika persiapan sudah matang, jangan sampai hasil akhirnya tidak sesuai. Coba renungkan bagaimana kita akan bergerak nantinya.

8. Fokus Pada Aspek Positif
Buang segala pikiran negatif agar kita bisa bergerak sesuka hati. Terus focus dan jangan pernah berpikir gagal.

9. Menggunakan Role Model yang Menginspirasi
Carilah sosok atau sesuatu hal yang bisa menginspirasi kita. Kita bisa belajar dari sosok itu dan menjadikannya patokan keberhasilan perubahan kita.

10. Sadar Jika Perubahan Pasti Terus Terjadi Dalam Hidup
Tanpa perubahan, hidup akan sangat membosankan. Oleh karena itu, sadarilah jika perubahan tidak hanya akan terjadi sekali dalam hidup, melainkan berkali-kali. Jadi, bersiaplah!

Sumber: intisari-online.com

No comments:

Post a Comment