Ini Dia Manfaat Baca Al Quran yang Mungkin Belum Anda Ketahui


AL-QURAN adalah kitab suci yang berisi ajaran islam. Di dalamnya terdapat perintah untuk membaca. Kenapa Al-Quran harus dibaca?

Selain karena kandungan isinya yang berupa petunjuk bagi kehidupan umat manusia agar selamat di dunia dan akhirat, membaca Al-Quran ternyata memberikan efek-efek tertentu yang bermanfaat bagi tubuh kita.


Beberapa penelitian telah dilakukan oleh para ahli terkait dampak membaca Al-Quran bagi kesehatan. Berikut ini hasil-hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut:

Pertama, mendatangkan ketenangan jiwa.

Membaca Al-Quran dapat mendatangkan ketenangan jiwa hingga 98%. Hasil penelitian ini dipaparkan dalam konferensi kedokteran islam Amerika Utara pada 1985. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan peralatan canggih oleh Dr. Al Qadhi di sebuah klinik besar di Florida, Amerika Serikat.



Kedua, janin bertumbuh optimal.

Janin yang diperdengarkan bacaan Al-Quran secara tartil, pertumbuhannya menjadi lebih optimal. Penelitian tersebut dilakukan terhadap bayi yang baru berusia kurang lebih 48 jam oleh Dr. Nurhayati asal Malaysia pada tahun 1997.



Ketiga, potensi otak meningkat.

Orang yang membaca Al-quran potensi otaknya meningkat drastis akibat dilepaskannya hormon bahagia yang dikenal dengan istilah endorfinatau endogenous morphin. Penelitian terhadap hal ini dilakukan di Mesir.

Keempat, berdampak pada psikologis.

Mendengarkan bacaan Al-Quran dengan tartil dapat lebih memberikan ketenangan dibandingkan dengan hanya sekadar mendengar bacaan dalam bahasa arab pada umumnya. Penelitian tersebut dilakukan oleh Muhammad Salim di Universitas Boston.

Membaca ataupun mendengarkan bacaan Al Qur’an berdampak pada psikologi atau kejiwaan kita. Kondisi jiwa akan lebih tenang, penurunan depresi atau kegelisahan, terhindar dari tekanan, dan lainnya. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh baik bagi kesehatan dan akan sangat membantu aktivitas keseharian kita. []

https://www.islampos.com/manfaat-baca-al-quran-mungkin-belum-ketahui-3883/

Comments

Popular posts from this blog

FADHILAT DAN KHASIA SURAH EMPAT QUL

KHASIAT AIR KETUM

Khasiat Pokok Lidah Ayam