MENULIS RIWAYAT HIDUP SENDIRI - BAGAIMANA MEMULAKANNYA


Menulis Riwayat Hidup Anda Sendiri: Bagaimana Memulainya

Berkonsentrasi untuk melestarikan sejarah pribadi kita adalah sama pentingnya dengan mencari sejarah silsilah leluhur kita, atau dengan menyimpan kenangan anak-anak kita di scrapbook. Sangatlah penting untuk anak cucu kita untuk mengenal kita.

Banyak dari kita meluangkan waktu bertahun-tahun memutar-mutar mikrofilm, mengaburkan penglihatan kita di depan komputer, bahkan menjelajahi dunia untuk melacak silsilah kita. Beberapa orang berbangga dengan membuat yang sangat bagus yang layak dipajang.

Berkonsentrasi untuk melestarikan sejarah pribadi kita adalah sama pentingnya dengan mencari sejarah silsilah leluhur kita, atau dengan menyimpan kenangan anak-anak kita. Sangatlah penting untuk anak cucu kita untuk mengenal kita.

Jadi mengapa sebagian dari kita merasa begitu sulit untuk mengikrarkan diri untuk menulis sejarah kita sendiri?

Mengapa kita harus menulis sejarah hidup kita sendiri?

Jawabannya ditemukan di wajah anak-anak dan cucu-cucu, yaitu untuk membiarkan keturunan kita tahu "siapa saya sebenarnya," dan " Apa yang telah terjadi dalam kehidupan saya" Meskipun kita dekat dengan keluarga atau teman-teman, kenangan kita tidak cukup hanya diceritakan oleh orang lain.

Di manakah Anda saat orang pertama menginjak bulan? Bagaimana perasaan Anda tentang pertempuran Anda dalam perang? Kapan Anda tahu bahwa Anda ingin menikah? Pertanyaan-pertanyaan ini hanya dapat dijawab dengan menceritakan cerita diri kita sendiri, dalam kata-kata kita sendiri, menurut pengalaman kita sendiri.

Sementara Anda merenungkan pertanyaan "mengapa harus menulis sejarah kita sendiri", orang lain mungkin akan bertanya hal-hal seperti:

Kapan saya bisa menemukan waktu untuk menulis?
Di mana saya bisa menulis kisah ini?
Bagaimana saya bisa melakukannya?
Di mana saya bisa mulai?
Hari Minggu adalah hari yang cocok untuk meluangkan waktu untuk memulai menulis sejarah hidup Anda. Tetapkan sebuah gol untuk menulis satu jam, kemudian coba untuk berhenti. Anda akan mulai merasa kecanduan. Sekali Anda menulis riwayat hidup Anda, kenangan-kenangan itu sepertinya hidup kembali.
Menyimpan catatan Anda sendiri

Sampingkan lemping-lemping kuningan, ada banyak cara bagi kita untuk menyimpan catatan kehidupan saat ini. Tahun lalu, pulpen dan kertas, atau mesin tik dengan menggunakan banyak adalah satu-satunya pilihan. Saat ini, dengan teknologi yang berkembang pesat setiap detiknya, pilihan-pilihannya termasuk:

Menyimpan dokumen dalam program di laptop, komputer pribadi atau bahkan Smartphone.Simpan e-mail ke dan dari teman-teman dan keluarga dalam sebuah dokumen. Email-email itu dengan sendirinya akan menjadi sebuah jurnal yang lumayan bagus saat dicetak. (Jangan lupa diberi nomor halaman.)

Untuk orang-orang yang pandai menggunakan teknologi dapat memanfaatkannya. Teman-teman dan anggota keluarga dapat membacanya langsung dan berkomentar.
Tradisi lama- diari/buku harian yang bagus yang dapat dibeli di toko jurnal atau toko buku harian, jika memikirkan teknologi atau dapat menyebabkan Anda pusing-pusing.
Jurnal dibandingkan dengan menulis catatan harian

Buku harian adalah untuk menulis catatan singkat. Jurnal digunakan untuk menuangkan isi hati seseorang. Fokusnya ditujukan banyak pada detail, perasaan, dan menggunakan seluruh panca indera. Bagaimana keadaan cuaca, rasa buah apel, bau bunga mawar, suara jangkrik, bagaimana rasanya sweater itu saat dipakai?

Jurnal menjelaskan segalanya seolah-olah Anda bercerita kepada seseorang dari negara asing yang tidak mengenal kita atau kebiasaan kita dan di mana kita tinggal. Anak cucu kita tidak tahu kegiatan-kegiatan unik yang kita lakukan dalam masa kita. Gunakan nama yang tepat saat bercerita tentang teman-teman, tetangga, dan nama tempat. Jangan lupa, gunakan tanggal yang tepat saat menuliskan sebuah peristiwa.

Gunakan deskripsi dan fakta-fakta lainnya seperti seberapa besar, warna apa, seberapa cepat. Detil yang menarik untuk dimasukkan saat menulis jurnal adalah "berapa biaya dan harga" terutama dalam masa ekonomi yang selalu berubah-ubah.

Jurnal juga dapat menolong memecahkan masalah dalam kehidupan seseorang. Jurnal dapat menjadi sebuah sumber pembelajaran bagi anak cucu kita. Mereka perlu mengetahui bagaimana ayah mereka menangani masalahnya, atau bagaimana ibu mereka menangani kesulitan-kesulitan hidupnya- dan anak cucu kita akan belajar bagaimana orang tua mereka mengatasi masalah-masalah dalam kehidupan mereka.

Pemimpin agama bernama Spencer W. Kimball mengatakan, "Apa yang bisa Anda lakukan lebih baik bagi anak cucu Anda selain dari mencatat riwayat hidup Anda, kemenangan dalam mengatasi kesulitan hidup, pemulihan setelah jatuh, kemajuan Anda ketika semua tampak hitam, sukacita Anda ketika Anda mencapai gol?"

Sekarang kita tahu betapa pentingnya untuk menulis kisah hidup kita, kapan kita dapat menuliskannya dan bagaimana menuliskannya, satu pertanyaan tetap ada di benak kita – Bagaimana kita dapat memulai untuk menuliskannya?

Jika kita menggunakan program , kita dapat memulai dari mana saja. Kita dapat menyisipkan ke dalam urutan kronologis kapanpun kita mau. Pilihan lain- menulis dengan topik seperti: iman, hari-hari sekolah, pacaran, hal-hal lucu yang anak-anak kita katakan. Atau kita dapat mulai dari awal : Nama saya . . …Saya memperoleh nama saya dari ... tidaklah masalah, asalkan ada catatan dalam buku harian Anda.

Spencer Kimball juga mengatakan hal ini tentang menulis buku harian: "Lakukan" Nasihat ini adalah nasihat yang masih berlaku di masa ini. Bantulah anak cucu Anda unutk mengetahui bahwa "Anda pernah hidup" dan " hal-hal yang Anda lakukan dalam kehidupan Anda". Anak cucu Anda akan merasa senang dan merasa berterima kasih karena Anda menuliskannya.

Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “Writing your own story: Getting started” karya Susan Knight.

Comments

Popular posts from this blog

FADHILAT DAN KHASIA SURAH EMPAT QUL

KHASIAT AIR KETUM

Khasiat Pokok Lidah Ayam