30 Manfaat dan Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan

Daun bidara berasal dari sebuah pohon kecil yang bernama pohon biadara. Pohon ini biasa tumbuh di daerah yang cenderung kering. Bidara adalah penyebutan bagi tanaman ini dalam bahasa Indonesia, sedangkan di beberapa daerah di Indonesia, tanaman ini punya banyak nama. Pohon bidara mempunyai tinggi sekitar 5 sampai dengan 16 meter. Baik ranting dan cabangnya berjumlah cukup banyak dengan jenis daun hijau yang memiliki banyak duri.


Daun bidara memiliki bentuk bulat sedikit lonjong dengan permukaan yang halus. Ciri khas dari daun ini yaitu terdapat banyak duri walaupun pohonnya masih muda sekalipun. Pohon bidara sendiri disebut dalam Al-Quran dengan ciri-cirinya yang berduri. Tak heran jika daun yang satu ini memiliki kegunaan yang penting, terutama bagi umat muslim. Selain itu, daun bidara juga mempunyai segudang manfaat dan juga khasiat dalam menjaga kesehatan tubuh Anda.

Daun Bidara, Manfaat Daun Bidara, Khasiat Daun Bidara

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun bidara, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Menyembuhkan luka dengan cepat
Khasiat daun bidara yang pertama yaitu sebagai daun herbal untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Daun ini akan menghentikan pendarahan dan mengeringkan luka agar cepat pulih sehingga tidak meninmbulkan luka baru.

2. Penghilang depresi
Khasiat daun bidara yang selanjutnya yaitu dapat menghilangkan depresi. Daun ini dapat membuat Anda lebih rileks dan membuat syaraf Anda lebih tenang. Anda pun tidak akan merasakan stress maupun depresi yang berlebihan.

3. Meningkatkan nafsu makan
Khasiat daun bidara untuk tubuh juga bagus dalam menambah nafsu makan. Daun ini sebaiknya digunakan bagi Anda yang sering telat makan dan sibuk dalam kegiatan sehari-hari. Nafsu makan Anda pun akan meningkat.

4. Anti diabetes
Khasiat daun bidara juga ampuh untuk mencegah diabetes. Bagi Anda yang sudah terjangkit diabetes juga bisa mencoba daun ini sebagai obat alami yang akan menjaga kadar gula dalam darah. Itulah mengapa daun ini disebut sebagai daun anti diabetes.

5. Mencegah bakteri dan virus
Khasiat daun bidara sangat baik untuk menjaga tubuh dan menguatkannya dari serangan bakteri maupun virus. Sebagian besar penyakit yang Anda punya berasal dari virus maupun bakteri yang mengendap di dalam tubuh.

6. Baik untuk lambung
Daun bidara sangat aman untuk lambung, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit maag. Daun ini akan meredakan berbagai macam penyakit yang ada di lambung karena tidak berdampak negative terhadap asam lambung.

7. Menyehatkan mulut
Mulut yang tidak sehat ditandai dengan timbulnya sariawan dan bibir yang pecah-pecah. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan manfaat daun bidara. Daun yang satu ini mampu menjaga kesehatan mulut dari berbagai macam infeksi.

8. Anti kanker dan tumor
Manfaat daun bidara yang penting juga mampu menjadi anti kanker dan tumor. Kedua penyakit tersebut dapat Anda cegah jika Anda memanfaatkan khasiat daun ini. Daun unik ini pun berfungsi sebagai anti oksidan yang alami.

9. Mengatasi haid yang tidak lancar
Khasiat daun bidara yang tidak kalah bagusnya untuk para wanita yaitu dapat mencegah haid yang tidak lancar. Kandungan senyawa dalam daun ini mampu membuat hormone Anda seimbang dan melancarkan haid.

10. Mengobati keputihan pada wanita
Manfaat daun bidara untuk wanita baik untuk mencegah keputihan. Daun ini akan menghilangkan jamur yang ada di dalam miss V. Jamur adalah penyebab utama dari munculnya keputihan dan dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Baca Juga: 20 Manfaat dan Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan

Selain 10 manfaat dan khasiat daun bidara untuk kesehatan, ada lagi 20 manfaat lainnya dari daun ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

20 Manfaat dan Khasiat Daun Bidara Lainnya:

Mengatasi ejakulasi dini
Meningkatkan gairah seksual
Mengatasi bisul
Obat ambeien
Penurun demam
Baik untuk tulang
Menjaga kesehatan gigi
Penurun tekanan darah tinggi
Obat insomnia
Mengatasi nyeri
Menjaga kesehatan usus
Obat penyakit kardiova skuler
Menyehatkan sel tubuh
Obat radang pada kulit
Menyuburkan rambut
Obat gangguan sihir dan jin
Memandikan jenazah
Menguatkan rambut
Mencegah jerawat
Menghilangkan bau darah haid

Itulah 30 manfaat dan khasiat daun bidara untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat daun yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan, karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal. Selamat mencoba.

sumber : https://www.khasiat.co.id/daun/bidara.html

Comments

Popular posts from this blog

FADHILAT DAN KHASIA SURAH EMPAT QUL

KHASIAT AIR KETUM

Khasiat Pokok Lidah Ayam